Apa Itu Cinematic? Pengertian Cinematic Lengkap

Apa Itu Cinematic?

Kiat pengeditan Video Sinematik menambahkan informasi tentang apa itu cinematic. Desain sinematik menciptakan ilusi film. Untuk mencapai tampilan ini, Anda memerlukan keterampilan khusus yang membutuhkan perhatian. Proses pembuatan video seperti ini bukan hanya tentang memilih efek, tetapi juga tentang perasaan.

 

Apa Itu Cinematic?

Banyak orang berbicara tentang sinematik, tetapi mungkin banyak orang tidak mengetahui apa artinya. Untuk kejelasan, penting untuk mendefinisikan arti kata sinematik dari Kamus. cinematic/si*ne*ma*tik/ /sinematik/ berhubungan dengan film (bioskop, gambar langsung) menurut KBBI. Selain itu, menurut aturan perfilman (sebagai pembuat film), sinematik merupakan komponen fundamental dari sebuah film yang bersifat teknis. Komponen sinematik itu sendiri terdiri dari berbagai aspek seperti:

 

  1. Mise en scene
  2. Sinematografi
  3. Mengedit
  4. Suara

 

Sinematik adalah proses pengambilan gambar sesuai dengan aturan sinema dalam film. Jika kita menonton film yang sedang diputar di bioskop, hampir tidak ada satupun gambar (shot) yang tidak bagus, dan semuanya indah dan enak dipandang.

 

Konsep tampilan sinematik telah ada cukup lama sebelum pengenalan kamera DSLR Redcam dan mirrorless. Saat itu ketika ada alat terbatas dan dinamika rendah, palet warna terbatas. DOP tidak cukup tipis dan mampu membuat bingkai yang tidak dapat difokuskan pada objek. Setiap proses manufaktur dilakukan dengan tangan.

 

Dalam mise en scene terdapat empat elemen penting, yaitu:

 

  1. Setting
  2. Tata Cahaya
  3. Kostum dan Rias Wajah
  4. Gerakan dan Akting Pemain

 

Aspek-Aspek Video Cinematic

Ada banyak penjelasan untuk video dan foto yang disebut sebagai Sinematik Beberapa aspek tersebut adalah:

 

1. Tone Color

Warna yang biasanya kita temui saat menonton Film  Dapat digambarkan sebagai warna Sinematik. Semakin mirip warna foto dengan warna yang terlihat di layar di Film, semakin Sinematik tampilan foto (Faktor teknis Pasca Pemrosesan).

 

2. Latar Belakang Gambar

Hal ini terlihat dari ekspresi objek (senang dan sedih dan kehilangan, jatuh cinta dan sebagainya). Bisa juga pesan yang menarik dari gambar tersebut.

 

3. Lighting

Pencahayaan yang baik akan meningkatkan mood foto. Pencahayaan dapat mempengaruhi kualitas warna dan dimensi gambar. Secara alami, ini akan membuat tampilan lebih dramatis.

 

4. Aspek Rasio

Film tidak pernah ditampilkan dalam rasio 6:7 atau 3:2. Mirip dengan foto yang menggunakan Cinema Style. Proporsi aspek yang paling sering digunakan adalah 16:9 atau 2,35:1. Rasio inilah yang kami sebut sebagai Film Layar Lebar yang khas.

 

Kesimpulan

Demikianlah artikel yang kami tulis mengenai apa itu cinematic. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu teman-teman semuannya.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *