Apa Itu DDR Pada RAM? Pengertian DDR

Apa Itu DDR?

Apa itu DDR pada Ram Komputer? DDR RAM mengacu pada istilah yang digunakan untuk menggambarkan metode di mana bus komputer mengirimkan instruksi untuk data 2 kali dalam satu siklus clock. bus dalam RAM.

 

RAM mengacu pada (Random Access Memory) atau penyimpanan memori sementara, yang secara khusus diproses dan dikendalikan melalui CPU (Processor). Komponen komputer.

 

Kode DDR1,2,3,4 yang ada di RAM dapat digambarkan sebagai jenis generasi, ia memiliki karakteristik dan fungsi tersendiri. Oleh karena itu, semakin kuat versi DDR, semakin cepat proses transfer data juga meningkat. VGA DDR.

 

Random Access Memory dalam pengertian bahasa Indonesia mengacu pada memori akses acak. Artinya, data yang disimpan dalam RAM dapat digunakan oleh prosesor secara acak dan tidak harus berurutan. Semua data RAM sedang dalam perjalanan dan dihapus setelah komputer dimatikan.

 

RAM sering dianggap sebagai ruang antara HDD dan CPU. Ketika sebuah program dijalankan dan semua file yang tersimpan di hard disk akan melalui RAM, sebelum diproses oleh CPU.

 

Jenis RAM yang umum digunakan adalah jenis RAM yang dibuat yang dikenal dengan DDR (Doble Data Rate). DDR RAM umumnya dicadangkan untuk komputer yang digunakan dalam penggunaan normal atau untuk jenis mesin tertentu yang memiliki tuntutan tinggi seperti server, komputer besar yang menggunakan RAM dengan QDR (Quad-Data-Rate) serta generasi berikutnya.

 

Angka-angka pada DDR RAM yang disertakan dengan nama DDR, DDR2, DDR3, dan DDR4 mengacu pada generasi DDRke. Saat ini, tingkat paling kuat dari RAM DDR yang umum digunakan adalah DDR4 meskipun fakta bahwa RAM DDR3 lebih diminati.

 

Apa Itu DDR Pada RAM? Pengertian DDR

Pada kenyataannya, ada berbagai jenis RAM yang tersedia di seluruh dunia, tetapi karena jenis RAM DDR telah menjadi yang paling disukai dan banyak digunakan, pertumbuhan pembuatan DDR lebih cepat.

 

1. RAM DDR, atau RAM DDR1

Kemunculan pertama RAM tipe DDR terjadi antara tahun 1995 dan 1996 dan diterima sepenuhnya oleh pasar pada akhir tahun 2000.

 

Alasan desain RAM DDR didasarkan pada kebutuhan data yang besar. Karena SDR (Single-Data-Rate) dianggap tidak dapat menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan data, akhirnya dikembangkan Double Data Rate yang dua kali lebih cepat.

 

DDR1 RAM dapat mentransfer data dengan kecepatan 200MT/s-400 MT/s. Ini juga memiliki kecepatan Bus Clock dari 100MHz hingga 200MHz. Saat itu penggunaan daya untuk DDR1 terbilang lumayan, sekitar 2.5V. Kecepatan DDR1 adalah 1.6Gbps pada saat itu.

 

2. RAM DDR2

Kebutuhan peningkatan kemampuan RAM harus tetap berpacu dengan kecepatan pemrosesan CPU. Karena itu, DDR2 dirancang dengan kapasitas transfer dan kecepatan clock yang lebih tinggi. DDR2 diterima dengan baik oleh pasar dan dijadikan standar industri pada tahun 2004-2008. Prosesor berada pada periode Pentium. Komponen komputer.

 

Kecepatan transfer RAM DDR2 bervariasi dari 400-1066MT/s dengan Kecepatan Jam antara 200-533MHz. Dengan generasi DDR2, masing-masing chip RAM berkapasitas 1GB hingga 2GB. Konsumsi daya yang jauh lebih rendah hanya 1,8v.

 

3. RAM DDR3

Generasi DDR bisa dibilang menguasai takhta pangsa pasar cukup lama sejak pertama kali diperkenalkan pada 2009, dan pada tahun 2019 masih ada beberapa yang menggunakannya. Karakteristik RAM rusak.

 

Ukuran chip DDR generasi ketiga sekarang 8GB untuk setiap chip. Kecepatan transfernya tinggi, mulai dari 800-2133MT/s. Kecepatan clock 400-1066 MHz. Kecepatan clock dan transfer rate di Generasi ke-3 lebih unggul dari generasi kedua. Perbedaannya bisa mencapai 10x lipat dari generasi kedua.

 

Prosesor yang banyak menggunakan RAM DDR3 adalah dengan jajaran CORE I dan sekelasnya. Konsumsi daya hanya 1.5v. Merk RAM Komputer Terbaik. Selain itu, ada seri terbaru DDR3 khusus DDR3L yang mengharuskan penggunaan voltase lebih rendah hanya 1.3v yang didesain khusus untuk laptop yang tipis agar tidak cepat panas.

 

4. RAM DDR4

Generasi RAM DDR4 mulai ramai di pasaran pada periode 2013-2015. DDR4 memungkinkan kecepatan transfer antara 2133 dan 4266MT/s serta Kecepatan Jam 1066 – setinggi 2133MHz. Ini adalah generasi RAM teratas 2018-2019, namun, karena ini adalah model teratas, ini menyiratkan bahwa itu sepadan dengan biayanya.

 

RAM DDR4 digunakan oleh publik sebagai DDR4 SDRAM yang hadir dengan kecepatan clock dan bus memori yang sangat tinggi, tetapi konsumsi daya yang sangat rendah, hanya 1,05v. Perhatikan bahwa saat ini, tidak semua CPU dapat menggunakan DDR4. Hanya segelintir seri Prosesor Tinggi yang dapat menggunakan RAM jenis ini.

 

Yang penting upgrade Memori RAM sesuai dengan DDR Tidak puas dengan kapasitas RAM yang tersedia saat ini adalah masalah alami, itulah sebabnya slot RAM memiliki batasan pada memori yang ditingkatkan.

 

Jika Anda memiliki dua slot RAM dan ingin mengupgrade ke kapasitas yang lebih besar seperti 16GB, Anda tidak perlu membeli RAM 16GB. Namun, yang terbaik adalah membeli 2 chip RAM yang memiliki kapasitas masing-masing 8GB untuk memastikan efisiensi akan ditingkatkan.

 

Ini penting ! Jika Anda ingin meningkatkan RAM, pastikan Anda memeriksa RAM DDR, dan membeli RAM yang memiliki DDR yang sama. Bagaimana Anda memeriksa RAM DDR laptop Anda. Jika RAM yang Anda gunakan saat ini adalah DDR3, Anda perlu mengupgrade ke RAM DDR3 yang memiliki kapasitas lebih besar.

 

Perhatikan kecepatan RAM yang dapat diproses oleh komputer atau laptop Anda menggunakan prosesor yang Anda gunakan. Mhz. Sangat mudah untuk menentukannya, biasanya disertakan pada kemasan laptop atau pada spesifikasi motherboard yang Anda gunakan.

 

Kesimpulan

Dengan banyaknya generasi RAM DDR yang berbeda dan kemampuannya di berbagai tingkatan, adalah keputusan yang bagus untuk tidak hanya membeli dan mengganti RAM di laptop atau komputer Anda. Pelajari cara menyesuaikan kebutuhan RAM Anda sesuai dengan kemampuan CPU yang Anda gunakan.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *