Apa Itu Ducting? Pengertian Ducting Lengkap

Apa Itu Ducting?

Penting untuk merancang sistem saluran untuk gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan agar udara sejuk didistribusikan secara merata ke seluruh ruangan, namun tahukah anda apa itu ducting?.

 

Untuk memastikan desain berkualitas tinggi, desain sistem ducting harus direncanakan dengan hati-hati. Penting untuk memahami komponen sistemsaluran.

 

Apa Itu Ducting?

Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, ducting berarti penyaluran pipa. Jika dijelaskan secara umum, itu adalah bahan atau kombinasi bahan yang digunakan untuk menyalurkan atau mengarahkan udara atau zat lain ke arah tertentu.

 

Setiap tujuan akhir harus dipertimbangkan oleh sistem ducting. Ini termasuk dimensi dan diameter media pembawa, serta titik di mana udara meninggalkan media penyaluran. Ini digunakan untuk udara balik, pasokan air, dan udara buang.

 

Fungsi duct yaitu dapat digunakan untuk memanaskan, ventilasi, atau pengkondisian udara (HVAC), yaitu untuk menyalurkan dan memindahkan udara.

 

Sebagai bagian dari suplai udara, saluran juga dapat mengirimkan udara ventilasi. Saluran udara di gedung dapat digunakan untuk mengontrol kualitas udara dalam ruangan dan menyediakan kondisi bagi orang untuk menikmati aktivitas yang memerlukan suhu tertentu.

 

Jenis-Jenis Bahan Ducting

Udara yang disalurkan akan menentukan jenis material yang digunakan. Bahan yang Anda pilih akan berdampak pada suhu udara di titik keluar. Ada banyak jenis bahan ducting :

 

1. BJLS (Baja Berlapis Seng) Ducting Tanpa Insulasi

Ini adalah jenis saluran yang menyalurkan udara, tetapi tidak mempertahankan suhu. BJLS (zinc ducting) tanpa sekat tidak akan berfungsi sebagai penyalur atau pengangkut udara antara dua tempat. Ambil, misalnya:

 

  • Saluran pembuangan adalah saluran yang mengeluarkan udara panas dari suatu ruangan yang menghasilkan banyak panas. Ini memastikan bahwa ruangan tetap segar dan nyaman. Misalnya dapur, toilet, tempat parkir dll.
  • Ducting fresh, atau saluran yang membawa udara segar dari luar ke unit AC indoor, digunakan untuk AC.
  • Ducting Intake adalah saluran yang menyalurkan udara dari luar ke ruangan yang membutuhkan. Anda bisa menyebutnya garasi parkir tertutup atau yang lainnya.

 

2. BJLS (Baja Berlapis Seng) Isolasi Luar Ducting

Glass wool merupakan salah satu pilihan insulasi yang dapat digunakan untuk menutup ducting. Temperatur udara yang disalurkan akan menentukan jenis glass wool yang digunakan. Ketebalan insulasi yang dibutuhkan tergantung pada seberapa dingin udara yang akan disalurkan. Jenis wol kaca yang paling umum adalah 24Kg/m3 dan memiliki ketebalan insulasi 25mm.

 

3. Isolasi Luar dan Dalam – Ducting BJLS (Baja Berlapis Seng)

Ducting dengan insulasi dalam dan luar dapat mengurangi hilangnya udara dingin dari udara yang bergerak.

 

Komponen Sistem Ducting

Ada tiga komponen utama untuk desain sistem ducting:

 

1. Air Handling Unit (AHU)

AHU, atau pengendali udara, adalah perangkat yang mensirkulasikan udara dalam sistem HVAC. Air handler umumnya berupa kotak logam yang menampung elemen blower, pemanas, dan pendingin serta ruang filter udara, peredam, dan pengatur api pemanas.

 

2. Ducting

Seperti disebutkan sebelumnya, fungsi sistem saluran adalah untuk memindahkan udara yang dikondisikan dari AHU ke ruangan yang membutuhkan pengkondisian, dan kemudian mengembalikan udara ke AHU untuk diproses ulang.

 

Anda dapat memilih dari berbagai bentuk ducting, termasuk oval, persegi panjang atau lingkaran tergantung pada kebutuhan Anda. Saluran persegi panjang adalah yang paling umum.

 

Ada dua jenissaluran yang tersedia dalam hal konstruksi: kaku (rigid), dan fleksibel. Bahan saluran juga bisa berupa baja berlapis seng atau aluminium. Baru-baru ini, bagaimanapun, fiberglass, PVC, polipropilen, dan bahan plastik lainnya banyak digunakan.

 

Jenis sistem saluran yang digunakan dan panjang kedua sisinya akan menentukan ketebalan bahan saluran. Gunakan baja lapis seng (BJLS), untuk kecepatan di bawah 12 m/s.

 

Baja berlapis seng (BJLS) adalah bahan yang paling populer. Isolasi digunakan untuk mencegah perbedaan suhu antara saluran udara luar dan dalam, dan untuk mencegah kondensasi dari luar.

 

Untuk mengurangi kehilangan panas dan kebocoran eksternal, keluaran dan pengembalian saluran dilapisi dengan insulasi termal. Isolasi juga mengurangi kebisingan dari pergerakan udara atau peralatan lain di dalam sistem saluran.

 

Anda dapat melapisi insulasi di luar (insulasi luar), atau di dalam (insulasi dalam). Atau Anda bisa melakukan keduanya. Untuk mencegah udara memasuki insulasi, insulasi eksternal diterapkan pada ducting. Anda dapat membungkus saluran dengan berbagai jenis insulasi, termasuk busa poliuretan, fiberglass (glasswool), dan styrofoam. Aluminium foil dapat digunakan sebagai bahan pelapis.

 

Semua saluran harus terbuat dari lembaran BJLS baru dalam ukuran penuh dan saling silang diagonal untuk setiap segmen. Pemutusan silang tidak diperbolehkan untuk saluran dengan insulasi interior (berlapis).

 

3. Diffuser

Diffuser dapat digunakan untuk sistem pemanas, ventilasi, dan pendingin udara. Anda dapat menggunakan diffuser untuk sistem HVAC yang berupa udara utuh atau terdiri dari air dan udara.

 

4. Grille

Sistem pendingin udara termasuk Grille. Grille HVAC digunakan untuk mengembalikan atau membuang udara ke dalam saluran.

 

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai apa itu ducting dan komponen-komponennya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *