Apa Itu Kognitif Afektif dan Psikomotorik? Pengertian Lengkap

apa itu kognitif afektif dan psikomotorik

Anda sedang bingung karena kurang mengerti apa itu kognitif afektif dan psikomotorik. Pada artikel kali ini kita akan membahasnya.

 

Apa Itu Kognitif Afektif dan Psikomotorik?

Pengertian Kognitif

Kemampuan kognitif meliputi kemampuan kognitif (otak). Ini mengacu pada kemampuan yang mencakup semua aktivitas otak yang diperlukan untuk mengembangkan kemampuan rasional (akal)

 

Aspek-aspek penilaian kognitif terdiri dari :

  1. Pengetahuan/hafalan/ingatan (pengetahuan)
  2. Pemahaman
  3. Aplikasi
  4. Menganalisis (analysis).
  5. Sintesis (sintesis)
  6. Penilaian/penghargaan/evaluasi

 

Ini adalah kemampuan berpikir, yang meliputi kemampuan intelektual seperti mengingat dan belajar. Keterampilan memecahkan masalah. Siswa harus mahir dan mampu memecahkan masalah. Menggabungkan dan menghubungkan berbagai metode, ide, prosedur, atau teknik yang telah diajarkan untuk masalahnya bisa diselesaikan. Aspek kognitif ini dikenal sebagai sub-taksonomi.

 

Artikel ini mengungkapkan informasi tentang aktivitas mental, yang sering dimulai pada tingkat pengetahuan tertinggi dan berlanjut ke tingkat yang paling tinggi, yaitu evaluasi. Teori Perkembangan Kognitif menurut “Jean Piaget”. Teori Jean Piaget tentang perkembangan kognitif memungkinkan adanya redefinisi kecerdasan, pengetahuan, dan keterampilan.

 

Kecerdasan adalah proses dinamis yang membentuk dunia di sekitar kita. Struktur yang memungkinkan interaksi konstan dengan lingkungan. Kecerdasan menciptakan struktur. Pengetahuan masa bayi dan anak usia dini bersifat subjektif. Pengetahuan menjadi objektif saat dewasa.

 

Piaget juga menggambarkan proses belajar dari perspektif lain. Dia mengacu pada pengalaman fisik yang merupakan abstraksi dari sifat-sifat objek, pengalaman matematika logis atau pengetahuan endogen disusun melalui proses berpikir siswa. Operasi formal, operasi konkret, dan struktur tindakan dibangun dengan cara yang logis dan matematis.

 

Pengertian Afektif

Ranah afektif mengacu pada nilai dan sikap. Afektif mencakup ciri-ciri perilaku seperti: Perasaan, nilai, minat, sikap dan sikap. Para ahli percaya bahwa seseorang dapat memprediksi sikap seseorang. Perubahan terjadi ketika seseorang sudah memiliki daya kognitif yang tinggi. Inilah ciri-ciri hasil belajar afektif.

 

Krathwol (1964), klasifikasi tujuan domain afektif dipecah menjadi lima kategori:

  1. Tanda terima (reservasi).
  2. Mengacu pada kemampuan anak untuk memperhatikan dan merespon secara tepat terhadap rangsangan.
  3. Memperhatikan adalah kemampuan mendeteksi rangsangan (stimulus dari luar).
  4. Kesadaran dan keinginan untuk menerima rangsangan, mengontrol atau mengatasi gejala.
  5. Datang dari luar.

 

Pengertian Psikomotorik

Psikomotorik mengacu pada kemampuan untuk melakukan tindakan atau keterampilan. Seseorang dapat belajar dari pengalaman tertentu. Pembelajaran psikomotor merupakan kelanjutan dari pembelajaran psikomotor.

 

Belajar kognitif adalah kemampuan untuk memahami sesuatu. Hasil belajar afektif adalah mereka yang menghasilkan kecenderungan perilaku. Aktivitas psikomotor adalah aktivitas fisik seperti berlari atau melompat, melukis, menari, memukul, dll.

 

Metode berikut dapat digunakan untuk mengukur hasil belajar keterampilan (psikomotor) siswa selama proses pembelajaran praktik setelah mengikuti pembelajaran.

  1. Berikan tes kepada siswa untuk menilai pengetahuan, keterampilan, sikap mereka segera setelah itu.
  2. Pembelajaran selesai dan kemudian diterapkan di tempat kerja.

 

Kesimpulan

Demikianlah artikel kali ini mengenai apa itu kognitif afektif dan psikomotorik. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan terima kasih.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.