Apa Itu Logline? Pengertian Logline Lengkap

Apa Itu Logline?

Pernah mendengar sebuah kata logline? kali ini mimin akan membahas mengenai apa itu logline.

 

Apa Itu Logline?

Logline adalah inti dari cerita. Loglinenya pendek karena mudah dicerna. Jika sebuah skenario dapat dibandingkan dengan tubuh manusia maka LOGLINE adalah tulangnya. Tulang akan membuat tubuh menjadi kuat. Skenario yang dihasilkan akan lebih kuat jika logline kuat.

 

Logline ini terkadang dapat memakan waktu beberapa hari. Minimal 50 loglines per minggu diperlukan untuk menjadi penulis naskah profesional. Ambil kalimat berikut sebagai contoh: Saya suka bakso.

 

Kalimat ini adalah cerita yang bagus. Sebuah cerita yang baik harus: Mengandung konflik, Ada kemungkinan kalah, dan Ada karakter yang menarik. Ubah kalimat untuk membuat kalimat baru yang menceritakan kisah yang menarik. Misalnya, seorang anggota JKT48 yang sudah tiga hari tidak makan menginginkan bakso. Godzila berada tepat di tengah.

 

Kalimat tersebut mengandung: Karakter yang menarik, Kekuatan emosional (untuk wota), Konflik besar oleh karakter yang lemah, Berjudi, Tiga hari tanpa makan, dan Jika Anda tidak memakannya, itu akan berakibat fatal.

 

Rumus dasar Log line adalah bahwa seseorang menginginkan sesuatu yang sangat buruk tetapi sulit untuk mendapatkannya. Log line harus memiliki karakter, konflik, taruhan, tujuan. Jaga agar log line Anda tetap pendek. Cobalah untuk membuat logline yang kurang dari 25 kata. Apakah hanya berlaku untuk film pendek? Tidak. Perhatikan baik-baik log line ini:

 

Leonidas, Raja Sparta, memimpin 300 tentara melawan 100.000 tentara Persia untuk mempertahankan negaranya.

 

Logline di atas terdiri dari 15 kata. Kemudian diperluas menjadi film berdurasi 2 jam. Tidak peduli seberapa kuat karakter Tujuan Anda, atau seberapa baik karakter Anda berkembang, tidak akan pernah ada cerita tanpa konflik.

 

Sebuah cerita menceritakan bagaimana seorang karakter berusaha untuk mencapai tujuannya saat dihalangi oleh sesuatu. Kita akan menyaksikan perjuangan seseorang. Ini adalah beberapa tip untuk membantu Anda memahami konsep di balik logline.

 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menulis Logline

1. Hindari Menggunakan Kata-Kata yang Terlalu Umum

Hindari menggunakan kata-kata “laki-laki”, “perempuan”, atau “perempuan” di logline Anda. Gunakan kata-kata yang lebih spesifik. Ini akan membuat logline Anda lebih kuat. Dalam film My Name is Khan, log line dapat ditulis seperti ini:

 

(1) Seorang penderita Muslim autis pasca 11 September, berusaha menemui Presiden Obama untuk menyatakan bahwa Muslim bukan teroris.

 

Bayangkan log line berikut:

 

(2) Seorang pemuda berusaha menemui Presiden Obama untuk menyatakan bahwa Muslim bukanlah teroris.

 

Yang dapat menimbulkan empati bagi calon pemirsa, adalah Logline nomor 1. Jika seseorang mengajukan saya Log line nomor 2, reaksi pribadi saya adalah:

 

Anak muda, apa mode!

– Presiden Amerika telah mendengar pernyataan ini berkali-kali

– Oke, pemuda ini akan menulis surat dan menunggu audiensi sebelum akhirnya bertemu presiden untuk menyatakan niatnya. Bagaimana menurutmu?

 

2. Logline Anda Seharusnya Menjanjikan Sesuatu

Log line Anda harus dapat menakuti orang jika Anda mencoba membuat adegan horor. Log line Anda harus lucu jika Anda mencoba membuat situasi komedi. Log line Anda bisa menjadi alat yang ampuh untuk membuat orang tertawa. Setiap log line hanya berbeda satu kata. Untuk membuat logline, perluas referensi.

 

3. Anda Dapat Menetapkan Tujuan Besar Tetapi Karakter Utama Dapat Mengontrolnya

Penonton menyukai kemenangan besar. Karakter yang dulunya dianggap lemah akhirnya mampu mencapai hal-hal besar. Kisah The Lord of the Rings misalnya, adalah tentang seorang Hobbit yang mencoba menyelamatkan Middle Earth dengan menemukan cincin yang mengendalikan semua cincin.

 

Karena kisah Lord of the Rings menarik untuk melihat bagaimana hobbit kecil dan lemah berusaha menyelamatkan kerajaannya. Ceritanya tidak akan semenarik ini jika karakter utama Lord of the Rings adalah Elf, Dwarf, atau Treant yang memiliki kekuatan lebih. Karakter utama harus bisa memenangkan pertempuran besar.

 

Hindari konflik besar, di mana karakter utama berjuang untuk sesuatu yang tidak bisa dikendalikan oleh karakter utama. Contoh: Seorang siswa di sekolah dasar yang ingin mengakhiri kiamat. Contoh logline ini tidak masuk akal dan terlalu besar. Upaya protagonis untuk mencapai tujuannya disebut tindakan dasar. Semakin penting tujuan protagonis, semakin besar tindakan yang harus diambil.

 

Kesimpulan

Demikianlah artikel kali ini mengenai apa itu logline, semoga dapat membantu teman-teman semua dan terima kasih.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.