Apa Itu POSM? Pengertian POSM Lengkap

Apa Itu POSM

Banyak istilah baru telah muncul dalam pemasaran dan teknologi karena pesatnya pertumbuhan bisnis online, Salah satu istilah tersebut adalah apa itu posm?. Istilah ini biasa digunakan dalam periklanan dan promosi. Apakah Anda tahu arti posm? Anda dapat mengetahui arti posm dengan membaca artikel ini.

 

Apa Itu POSM?

POSM, juga dikenal sebagai POPM atau POP, singkatan dari “Point of Sale Material”. Materi iklan digunakan untuk mengkomunikasikan informasi merek kepada konsumen di tempat penjualan.

 

Apa Itu POPM atau POP?

Sebelum kita bisa memahami POSM secara detail, ada baiknya kita pahami dulu apa itu POP (atau POS). Saat membahas sudut pandang penjual, POS adalah singkatan dari “Point of Sale”. Ini mengacu pada penjualan produk kepada pelanggan. POP adalah singkatan untuk pembelian. Ini digunakan ketika diskusi dilihat dari sudut pandang pelanggan.

 

Artinya POS dan POP dapat digunakan secara bergantian. Namun itu dapat digunakan oleh penjual dan konsumen dengan cara yang berbeda. POSM digunakan terutama sebagai tampilan. Untuk menarik banyak perhatian dari konsumen.

 

Pilihan Dari POPM atau POP

Perusahaan dapat menggunakan berbagai jenis opsi POSM dalam kampanye iklannya. Beberapa di antaranya termasuk Lazy, Poster dan Dummy Boxes serta selebaran Dispenser. Leaflet juga bisa digunakan untuk Shelf Branding, wobblers, Shelf Talker, dll. Jenis POSM ini dapat digunakan di POS dan POP.

 

Ini adalah fakta yang tidak bisa diabaikan. POPM atau POP memungkinkan konsumen untuk mempelajari lebih lanjut tentang merek atau produk yang dijual. POPM atau POP adalah singkatan dari Point Of Sales Material.

 

Sifat-Sifat POSM

Materi iklan digunakan untuk menampilkan informasi merek kepada pengguna. Ini hanyalah salah satu komponen dari promosi atau kampanye BTL. Promosi periklanan, pameran, dan presentasi semuanya dapat dilakukan dengan menggunakan posm jenis apa pun.

 

Tipe-tipe ini mampu menarik banyak perhatian konsumen dan mempromosikan merek. Sifat POPM atau POP sebagai produk informatif dirancang untuk meningkatkan minat dan mendorong pembelian di titik penjualan.

 

Jenis-Jenis Pilihan POSM

Tidak ada bentuk, ukuran, atau jenis perbaikan POSM tertentu yang tersedia. Namun, mereka dapat diklasifikasikan menurut penggunaannya dalam ritel. Jenis-jenisnya adalah:

 

1. Poster

Poster adalah papan nama yang ditempatkan pada permukaan vertikal datar seperti dinding. Poster tersedia dalam ukuran berikut: Besar (24X36), Sedang (24X24), Kecil (11.1X17), A4. Tergantung merek, kualitas, tema, dan klasifikasi lainnya. Kualitas busa bahan cetakan ditentukan oleh perusahaan pembuat poster.

 

2. Danglers

Danglers adalah tanda yang digantung di langit-langit toko ritel. Misalnya, adalah tanda yang terbuat dari kertas tebal yang bertuliskan “DIJUAL” di atasnya atau digantung di depan. Dangler yang satu ini, di sisi lain dapat digambarkan sebagai model produk tiga dimensi. Setiap font dapat digunakan sesuai dengan promosi. Oleh karena itu sangat penting untuk mempromosikannya untuk menarik pelanggan potensial.

 

3. Standee

Standee dapat digunakan untuk mempromosikan kampanye, komunikasi, atau keduanya. Bisa juga disebut skema. Biasanya akan berada di luar atau di depan outlet. Ini untuk menarik lebih banyak pejalan kaki.

 

Standee POSM jenis ini juga bisa dibuat dari berbagai bahan. Anda dapat memilih stande roll up, floor, standard, dan cute, standee MDF, 3D, atau LED.

 

4. Bunting

Anda dapat menganggap bunting ini sebagai stiker, bendera, atau pita kecil. Ini juga ditandai dengan utas berurutan yang mempertahankan jarak yang seragam. Dalam terminologi POSM, ini disebut kehamilan. Bunting juga dapat digunakan pada pintu dan jendela, seperti yang sering dilakukan pada POSM.

 

Dimungkinkan untuk memilih dari jenis yang sama seperti untuk posm. POSM lainnya menggunakan tampilan jendela LED, stiker dan unit mengambang. Mereka juga menggunakan tampilan stabilo akrilik. Anda dapat menggunakan segala sesuatu tentang materi ini untuk mempromosikan komunikasi.

 

Tips Memaksimalkan POSM

POPM atau POP ini memiliki tujuan yang sama terlepas dari jenisnya. Keduanya bertujuan untuk dikenal banyak orang. Sebelum Anda memutuskan untuk menjalankan fungsi sesuai keinginan dan hasilnya, berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diingat.

  1. Anda harus terlebih dahulu mengetahui identitas merek Anda atau pesan yang ingin Anda sampaikan melalui point-to-purchase ini. Ini akan membuatnya lebih menarik. Penting juga untuk mengidentifikasi merek dan produk untuk menargetkan audiens Anda dengan lebih baik.
  2. Anda harus membuat gimmick jika ingin orang lebih tertarik dan ingin menyentuhnya. Pabrikan juga harus mempertimbangkan kompatibilitas jenis dengan tampilan POPM atau POP.
  3. Anda harus memastikan bahwa Anda memilih jenis yang tepat untuk produk Anda berdasarkan tema dan desainnya. Ini bisa menyebabkan ketidakcocokan dalam desain dan promosi, jadi jangan lakukan itu.

 

Fungsi POSM

Anda dapat menggunakan fungsi POSM untuk meningkatkan penjualan dan keberhasilan kampanye. Harus akurat dan tepat waktu. Sayang sekali bahwa POPM atau POP sangat sulit untuk dibuat, tetapi ini adalah sesuatu yang dilihat semua orang.

 

Jangan khawatir, Anda punya pilihan. Kami akan membuat tampilan sesuai dengan spesifikasi Anda. Anda dapat yakin bahwa produk yang Anda tawarkan akan laris manis.

 

Display POPM atau POP ini juga memiliki fungsi tambahan sebagai elemen dekoratif di toko Anda. Itu membuatnya terlihat lebih profesional dan terorganisir. Hal ini akan memudahkan pelanggan untuk mengingat dan dapat meningkatkan brand awareness.

 

Manfaat POSM

Teknik pemasaran POP ini penting untuk pemasaran suatu produk. POP sangat penting untuk keberhasilan dan keberlanjutan strategi pemasaran produk apa pun. POSM ini bisa sangat membantu untuk menyampaikan informasi kepada banyak orang, asalkan dipromosikan dan disambut baik. Akan mudah diingat.

 

Dipastikan akan mampu meningkatkan penjualan barang yang dipasarkan dan juga mampu mengkampanyekan kepada retailer atau perusahaan. Itu akan terus tumbuh. Ini adalah tujuan dari setiap tampilan posm.

 

Anda hanya perlu memilih jenis posting yang tepat untuk promosi, iklan, atau kampanye yang ingin Anda komunikasikan. Ini akan memastikan bahwa posting Anda menarik perhatian dan minat banyak orang.

 

Posm ini memiliki dua tujuan: menarik perhatian dan juga menarik audiens. Ini dapat digunakan untuk menyoroti berbagai fitur produk. Jika perusahaan bertujuan untuk menarik perhatian konsumen, mereka dapat menonjolkan fitur produk.

 

Kesimpulan

Artikel ini akan menjelaskan teknik pemasaran dan memberikan pemahaman tentang apa itu posm. Untuk meningkatkan penjualan produk, Anda perlu membuat titik pembelian.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.